Tuesday, March 13, 2012

Blogger menjadi Pilihan 2012

Perkembangan jaman telah menjadikan internet sebagai kebutuhan penting dalam berbagai ruang lingkup kehidupan. Mulai dari kesehatan, bisnis, keluarga, lowongan kerja, pelajar, mahasiswa, bahkan sebagian orang telah menggunakannya untuk mencari jodoh. Bagaimana dengan anda? Jika anda bisa membaca atau mengakses tulisan di blog Sigodang Pos ini, berarti anda juga sudah menggunakannya. Ok, kembali ke topik “Blogger menjadi Pilihan 2012”. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana kegiatan nge- blog dapat anda gabungkan dengan bisnis, pekerjaan dan kehidupan anda.

Blog Sigodang Pos (2010) awalnya saya buat hanya untuk men-share tulisan-tulisan saya, seperti halnya puisi, cerpen dan artikel lainnya yang berhubungan dengan sastra. Jujur, awal membuat blog sebenarnya hanya pelampiasan saja. Mungkin anda penasaran pelampiasan seperti apa yang saya maksud. Baiklah saya akan mulai bercerita! Namun jika anda tidak tertarik dengan cerita saya, anda bisa Melompati dua paragraf tulisan ini.

Di tahun 2008 saya mulai mengenal blog, tapi saat itu saya tidak terlalu paham dan tidak mau tau banyak tentang blog, iyah hanya sekeda, karena pada saat itu lagi booming-boomingnya di Indonesia adalah Friendster. Pada pertengahan tahun 2008 saya mulai mengalami depresi yang akut. Tanya kenapa? Karena dari ratusan tulisan yang pernah saya kirim ke media masa tidak ada satupun yang dimuat tetapi ada sesuatu yang saya banggakan terhadap diri saya, “SAYA TIDAK BERHENTI MENULIS.”

Dukungan dosen, teman-teman, dan keinginan saya menembus media masa menjadi bahan bakar yang selalu terisi penuh untuk membakar semangat menulis saya. Saya mulai mengutak atik blog, dan mulai mem-posting beberapa tulisan yang pernah ditolak media. Saya terus menulis dan sesekali saya kirim ke media. Di tahun 2009 tulisan saya dimuat di salah satu media masa nasional, hal itu tentunya membuat saya senang bukan kepalang. selanjutnya, tulisan saya kembali dimuat di beberapa media masa. Akhirnya terjawab sudah apa yang saya inginkan.

Tahun 2010 saya mulai membangun blog Sigodang Pos, awalnya saya memiliki semangat yang luar biasa, namun karena kesibukan tugas-tugas kuliah dan skripsi blog ini terlantar. September 2011 saya sudah menyelesaikan Study, saya pun kembali nge-blog, namun masih terbengkalai dengan urusan-urusan kampus dan urusan tradisi keluarga yang mengharuskan untuk tinggal di kampung untuk beberapa waktu setelah wisuda.

Tahun 2012 ini saya ingin mencoba untuk lebih fokus. Pada perkembangannya, blog ini saya susupi beberapa artikel lainnya yang hadir dalam kehidupan saya, maksudnya segala ide-ide yang sempat terlintas di pikiran saya ditambah permintaan order review. Hal tersebut juga sesuai dengan judul blog ini Sigodang “banyak/beragam” Pos. Saya mencoba menggabungkan proses kreatif saya dengan dunia internet. Walaupun belum menghasilkan sesuatu untuk dinikmati dengan lidah, tetapi jiwa saya sudah menikmatinya. Yah sangat puas.

Blogger menjadi Pilihan 2012. Kalimat ini sebenarnya menjadi beban dan tanggungjawab untuk saya. Keinginan untuk hidup bebas tanpa terikat waktu, jabatan menjadikan saya untuk memilih menjadi seorang blogger, walaupun pada akhirnya saya harus berbohong kepada kedua orang tua saya, karena setiap orang tua menanyakan “Sudah dapat kerja?” saya selalu menjawab “belum, masih melamar”, padahal seumur-umur saya belum pernah melamar kerja. Boro-boro melamar, buat CV aja belum pernah. “sss…t jangan bilang-bilang ya”. Jika saya jujur kepada orang tua, maka mereka akan menganggap remeh, pekerjaan menjadi seorang blogger, belum diperhitungkan di Indonesia, tidak seperti negara-negara Barat pada umumnya. Tujuan saya selanjutnya adalah menjadikan blog ini semakin populer, dan menerbitkan sebuah buku, sebagai hadiah ulang tahun buat ibu dan ayah saya pada bulan Desember 2012 (Ferdinaen Saragih).

No comments:

Post a Comment